-Tugas tik-
Faiza nazari
No. absen à 12
Kelas à ix-2
MENGETAHUI :
ETIKA CHATTING YANG BAIK & BENAR
DAMPAK POSITIF (+) & NEGATIF
(-) DARI INTERNET ; SOSIAL MEDIA ; DAN GAME ONLINE
A. Etika Chatting Yang Baik Dan Benar
Chatting? Yah… siapa sih yang
tidak tahu apa itu chatting saat ini?
Hampir semua orang ber-chatting untuk memberikan informasi, menyambung tali
silaturahmi, dan sebagainya. Namun, dalam melakukan chatting, kita harus sopan
dalam bertutur bahasa. Walau tidak bertemu dan berbicara langsung, tetap saja,
kita harus sopan.
Berikut
adalah beberapa etika chatting yang baik dan benar.
v Usahakan
mengucapkan salam ketika memasuki atau meninggalkan room chatting.
v Gunakanlah
bahasa yang sopan menurut norma yang berlaku.
v Hindari
berdebat mengenai sara, hal ini sangat sensitif yang dapat memicu
terjadinya konflik.
v Jangan
menggunakan huruf besar atau kapital ketika menulis. Huruf kapital dalam
ber-chatting dapat berarti teriakkan. Pakailah huruf yang biasa saja.
v Hindari personal attack. Gunakan data atau fakta
sebagai bahan diskusi, bukan kepribadian seseorang.
v Jujur
dalam melakukan chatting. Jangan suka mengada-ngada informasi.
v Jangan
terlalu cuek. Maksudnya jangan terlalu lama dalam membalas chatting. Hal itu
kadang membuat mereka marah karena terlalu lama menunggu balasan chatting dari
kamu.
v Jangan
langsung beralih untuk mengganti topic sebelumnya.
v Usahakan
jangan memaksakan kehendak kepada teman chatting-mu.
v Jangan
suka mengganggu dan iseng / spam.
v Jika
harus melakukan copy darat, pastikan
Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
v Jika anda
tidak ingin diganggu, anda bisa memasang status ‘Busy’ atau ‘Sibuk’.
B. Dampak Negatif Dan Positif
Dari Internet.
v Dampak positif (+)
Ø Internet
sebagai media komunikasi.
Ø Media
untuk mencari informasi lebih cepat. Di internet kita dapat menemukan apa saja
yang kita mau. Apa yang kita ketik pasti muncul. Dan jika satu sudah ketemu,
yang lain pasti biasanya akan muncul juga.
Ø Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan. Sudah banyak orang yang
berbisnis atau melakukan transaksi melalui internet.
Ø Sebagai
media pertukaran data.
v Dampak negatif (-)
Ø Terdapatnya
pornografi. Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan
pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang
dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para
produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis
home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi
dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak
kriminal.
Ø Penipuan.
Ø Carding. Karena
sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit
adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat
internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Ø Perjudian.
Dampak
lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi
tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya
perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak
agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Ø Violence dan Gore. Yaitu kekejaman dan kesadisan yang ditampilkan hanya untuk
keuntungan tanpa memikirkan dampak keburukannya.
Ø Dapat
mengakibatkan kecaduan internet.
Ø Kerja
instan. Dari banyaknya informasi pembelajaran di internet membuat siswa siswi
banyak mengambil informasi dari internet dan tidak lagi membudayakan membaca
buku, dimana informasi yang ada di internet belum tentu benar.
C. Dampak Negatif Dan Positif Dari
Social Media
v Dampak positif (+)
Ø Untuk
menghimpun keluarga, saudara, kerabat yang tersebar, dengan jejaring sosial ini
sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga atau
kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu, kemudian lewat dunia maya hal
itu bisa dilakukan.
Ø Sebagai
media penyebaran informasi. Informasi yang up to
date sangat
mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit
setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.
Ø Memperluas
jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa
berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal
sekalipun dari berbagai penjuru dunia.
Ø Situs
jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian,
dan empati.
Ø Sebagai
sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna daapat belajar
bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan
pertemanan.
Ø Internet
sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan
pengguna lainnya dari seluruh dunia.
Ø Media
pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna
internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan
murah.
Ø Sebagai
media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat
mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.
v Dampak negatif (-)
Ø Susah bersosialisasi
dengan orang sekitar. Ini disebabkan karena pengguna sosial media menjadi malas
belajar berkomunikasi secara nyata. Hal ini memang benar sekali, karena
saya mempunyai teman yang sangat aktif di sosial media, dia selalu memposting
apa saja yang sedang dia kerjakan, namun keadaan yang berbeda 180 derajat jika
bertemu secara nyata. Orang yang aktif di soaial media, jika bertemu langsung
nyatanya adalah orang yang pendiam dan tidak banyak bergaul.
Ø Situs sosial media
akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak
sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di
internet. Pernahkah kalian jalan-jalan atau bepergian dengan seseorang, tetapi
orang yang kalian ajak jalan malah asik dengan ponsel dan sosial medianya
sendiri?
Ø Tertinggal dan
terlupakannya bahasa formal. Karena pengguna social media lebih sering
menggunakan bahasa informal dalam kesehariannya, sehingga aturan bahasa formal
mereka menjadi terlupakan.
Ø Mengurangi
kinerja. Karyawan perusahaan, pelajar, mahasiswa yang bermain media sosial pada
saat sedang mengerjakan pekerjaannya akan mengurangi waktu kerja dan waktu
belajar mereka.
Ø Berkurangnya
privasi pribadi. Dalam sosial media kita bebas menuliskan dan men-share
apa saja, Sering kali tanpa sadar kita mempublish hal yang seharusnya tidak
perlu disampaikan ke lingkup sosial.
Ø Kejahatan
dunia maya. Kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan
dunia maya sangatlah beragam. Seperti carding, hacking,
cracking, phising, dan spamming.
Ø Pornografi.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela. Terkadang seseorang memposting foto yang seharusnya menjadi privasi
dia sendiri di sosial media, hal ini sangat berbahaya karena bisa jadi foto
yang hanya di postingnya di sosial media disalah gunakan oleh pihak yang tidak
bertanggung jawab.
D. Dampak Positif Dan Negatif Dari
Game Online
v Dampak positif (+)
Ø Meningkatkan
keterampilan. Dalam setiap permainan pasti ada level, dari yang termudah sampai
yang tersulit. Hal itu dapat melatih keterampilan seseorang dalam memenangkan
permainan.
Ø Meningkatkan
konsentrasi. Hal ini sudah pasti bagi para pemain game. Para pemain game
biasanya lebih berkonsentrasi dalam bermain game dan juga di dunia nyata.
Ø Meningkatkan
koordinasi mata dan tangan. Biasanya dalam bermain game, mata akan lebih jelih
melihat lawan, dan tangan akan lebih cekatan dalam menekan tombol-tombol.
Ø Meningkatkan
kemampuan membaca.
Ø Meningkatkan
kemampuan bahasa inggris. Kebanyakan para pencipta game akan memakai Bahasa
Inggris dalam game nya. Hal itu dapat memaksa para pemain mau tak mau harus
bisa berbahasa inggris. Bahkan yang mungkin tidak bisa bahasa inggris, akan
paham kalau bahasa inggris yang ada di game.
Ø Meningkatkan
kemampuan mengetik. Seperti yang sudah saya bahas tadi, kalau bermain game
dapat meningkatkan koordinasi tangan. Tangan akan lebih cekatan saat mengetik
di keyboard ataupun telepon, karena sudah biasa mengetik dalam bermain game.
v Dampak
negatif (-)
Ø Menimbulkan
kecanduan. Seperti layaknya orang-orang yang sudah sangat menyukai hobi nya.
Orang yang hobinya sangat suka bermain game, akan mengubah hobinya menjadi
kebutuhan. Kecanduan ini dapat diatasi dengan menyibukkan jadwal.
Ø Mendorong
melakukan hal negatif. Seperti halnya dalam game yang bertema criminal, seperti
tembak-tembakan, atau perkelahian. Mungkin para pemain game sewaktu-waktu juga
bisa melakukan perkelahian dengan orang lain di dunia nyata.
Ø Berbicara
kasar dan kotor. Biasanya ucapan kata kasar dan kotor akan keluar begitu saja
dengan disengaja, maupun tidak disengaja.
Ø Terbengkalainya
kegiatan dunia nyata. Orang yang sudah sangat kecanduan dengan game, biasanya
akan memilih bermain game daripada harus melakukan kegiatan lainnya, hal itu
dapat membuat pecandu menjadi malas.
Ø Perubahan
pola makan dan istirahat. Para pemain game biasanya bermain samapai lupa waktu
sehingga lupa makan, dan sampai larut malam sehingga tidurnya tidak teratur.
Ø Pemborosan.
Orang yang kecanduan bermain game, akan melakukan apa saja agar bia bisa
bermain game.
Ø Menganggu
kesehatan. Jika mata terlalu lama menatap layar ponsel atau computer, kesehatan
mata akan terganggu. Dan jika kita bermain game sampai lupa waktu untuk makan,
kesehatan tubuh juga akan terganggu.
No comments:
Post a Comment