Thursday, November 3, 2016

Etika chatting yang baik dan benar. Serta dampak positif dan negatif dari internet, sosial media, dan game online.




-Tugas tik-

Faiza nazari
No. absen à 12
Kelas à ix-2

MENGETAHUI :
ETIKA CHATTING YANG BAIK & BENAR
DAMPAK POSITIF (+) & NEGATIF (-) DARI INTERNET ; SOSIAL MEDIA ; DAN GAME ONLINE


A. Etika Chatting Yang Baik Dan Benar

          Chatting? Yah… siapa sih yang tidak tahu apa itu chatting saat ini? Hampir semua orang ber-chatting untuk memberikan informasi, menyambung tali silaturahmi, dan sebagainya. Namun, dalam melakukan chatting, kita harus sopan dalam bertutur bahasa. Walau tidak bertemu dan berbicara langsung, tetap saja, kita harus sopan.
            Berikut adalah beberapa etika chatting yang baik dan benar.
v  Usahakan mengucapkan salam ketika memasuki atau meninggalkan room chatting.
v  Gunakanlah bahasa yang sopan menurut norma yang berlaku.
v  Hindari berdebat mengenai sara, hal ini sangat sensitif yang dapat memicu terjadinya konflik.
v  Jangan menggunakan huruf besar atau kapital ketika menulis. Huruf kapital dalam ber-chatting dapat berarti teriakkan. Pakailah huruf yang biasa saja.
v  Hindari personal attack. Gunakan data atau fakta sebagai bahan diskusi, bukan kepribadian seseorang.
v  Jujur dalam melakukan chatting. Jangan suka mengada-ngada informasi.
v  Jangan terlalu cuek. Maksudnya jangan terlalu lama dalam membalas chatting. Hal itu kadang membuat mereka marah karena terlalu lama menunggu balasan chatting dari kamu.
v  Jangan langsung beralih untuk mengganti topic sebelumnya.
v  Usahakan jangan memaksakan kehendak kepada teman chatting-mu.
v  Jangan suka mengganggu dan iseng / spam.
v  Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
v  Jika anda tidak ingin diganggu, anda bisa memasang status ‘Busy’ atau ‘Sibuk’.


B. Dampak Negatif Dan Positif Dari Internet.

v  Dampak positif (+)
Ø  Internet sebagai media komunikasi.
Ø  Media untuk mencari informasi lebih cepat. Di internet kita dapat menemukan apa saja yang kita mau. Apa yang kita ketik pasti muncul. Dan jika satu sudah ketemu, yang lain pasti biasanya akan muncul juga.
Ø  Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan. Sudah banyak orang yang berbisnis atau melakukan transaksi melalui internet.
Ø  Sebagai media pertukaran data.

v  Dampak negatif (-)
Ø  Terdapatnya pornografi. Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
Ø  Penipuan.
Ø  Carding. Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Ø  Perjudian. Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Ø  Violence dan Gore. Yaitu kekejaman dan kesadisan yang ditampilkan hanya untuk keuntungan tanpa memikirkan dampak keburukannya.
Ø  Dapat mengakibatkan kecaduan internet.
Ø  Kerja instan. Dari banyaknya informasi pembelajaran di internet membuat siswa siswi banyak mengambil informasi dari internet dan tidak lagi membudayakan membaca buku, dimana informasi yang ada di internet belum tentu benar.


C. Dampak Negatif Dan Positif Dari Social Media

v  Dampak positif (+)
Ø  Untuk menghimpun keluarga, saudara, kerabat yang tersebar, dengan jejaring sosial ini sangat bermanfaat dan berperan untuk mempertemukan kembali keluarga atau kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu, kemudian lewat dunia maya hal itu bisa dilakukan.
Ø  Sebagai media penyebaran informasi. Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. 
Ø  Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia.
Ø  Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati.
Ø   Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna daapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
Ø  Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
Ø  Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Ø  Sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.

v  Dampak negatif (-)
Ø  Susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Ini disebabkan karena pengguna sosial media menjadi malas belajar berkomunikasi secara  nyata. Hal ini memang benar sekali, karena saya mempunyai teman yang sangat aktif di sosial media, dia selalu memposting apa saja yang sedang dia kerjakan, namun keadaan yang berbeda 180 derajat jika bertemu secara nyata. Orang yang aktif di soaial media, jika bertemu langsung nyatanya adalah orang yang pendiam dan tidak banyak bergaul.
Ø  Situs sosial media akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Pernahkah kalian jalan-jalan atau bepergian dengan seseorang, tetapi orang yang kalian ajak jalan malah asik dengan ponsel dan sosial medianya sendiri?
Ø  Tertinggal dan terlupakannya bahasa formal. Karena pengguna social media lebih sering menggunakan bahasa informal dalam kesehariannya, sehingga aturan bahasa formal mereka menjadi terlupakan. 
Ø  Mengurangi kinerja. Karyawan perusahaan, pelajar, mahasiswa yang bermain media sosial pada saat sedang mengerjakan pekerjaannya akan mengurangi waktu kerja dan waktu belajar mereka. 
Ø  Berkurangnya privasi pribadi. Dalam sosial media  kita bebas menuliskan dan men-share apa saja, Sering kali tanpa sadar kita mempublish hal yang seharusnya tidak perlu disampaikan ke lingkup sosial.
Ø  Kejahatan dunia maya. Kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Seperti carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
Ø  Pornografi. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Terkadang seseorang memposting foto yang seharusnya menjadi privasi dia sendiri di sosial media, hal ini sangat berbahaya karena bisa jadi foto yang hanya di postingnya di sosial media disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 


D. Dampak Positif Dan Negatif Dari Game Online

v  Dampak positif (+)
Ø  Meningkatkan keterampilan. Dalam setiap permainan pasti ada level, dari yang termudah sampai yang tersulit. Hal itu dapat melatih keterampilan seseorang dalam memenangkan permainan.
Ø  Meningkatkan konsentrasi. Hal ini sudah pasti bagi para pemain game. Para pemain game biasanya lebih berkonsentrasi dalam bermain game dan juga di dunia nyata.
Ø  Meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Biasanya dalam bermain game, mata akan lebih jelih melihat lawan, dan tangan akan lebih cekatan dalam menekan tombol-tombol.
Ø  Meningkatkan kemampuan membaca.
Ø  Meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Kebanyakan para pencipta game akan memakai Bahasa Inggris dalam game nya. Hal itu dapat memaksa para pemain mau tak mau harus bisa berbahasa inggris. Bahkan yang mungkin tidak bisa bahasa inggris, akan paham kalau bahasa inggris yang ada di game.
Ø  Meningkatkan kemampuan mengetik. Seperti yang sudah saya bahas tadi, kalau bermain game dapat meningkatkan koordinasi tangan. Tangan akan lebih cekatan saat mengetik di keyboard ataupun telepon, karena sudah biasa mengetik dalam bermain game.


v  Dampak negatif (-)
Ø  Menimbulkan kecanduan. Seperti layaknya orang-orang yang sudah sangat menyukai hobi nya. Orang yang hobinya sangat suka bermain game, akan mengubah hobinya menjadi kebutuhan. Kecanduan ini dapat diatasi dengan menyibukkan jadwal.
Ø  Mendorong melakukan hal negatif. Seperti halnya dalam game yang bertema criminal, seperti tembak-tembakan, atau perkelahian. Mungkin para pemain game sewaktu-waktu juga bisa melakukan perkelahian dengan orang lain di dunia nyata.
Ø  Berbicara kasar dan kotor. Biasanya ucapan kata kasar dan kotor akan keluar begitu saja dengan disengaja, maupun tidak disengaja.
Ø  Terbengkalainya kegiatan dunia nyata. Orang yang sudah sangat kecanduan dengan game, biasanya akan memilih bermain game daripada harus melakukan kegiatan lainnya, hal itu dapat membuat pecandu menjadi malas.
Ø  Perubahan pola makan dan istirahat. Para pemain game biasanya bermain samapai lupa waktu sehingga lupa makan, dan sampai larut malam sehingga tidurnya tidak teratur.
Ø  Pemborosan. Orang yang kecanduan bermain game, akan melakukan apa saja agar bia bisa bermain game.
Ø  Menganggu kesehatan. Jika mata terlalu lama menatap layar ponsel atau computer, kesehatan mata akan terganggu. Dan jika kita bermain game sampai lupa waktu untuk makan, kesehatan tubuh juga akan terganggu.

No comments:

Post a Comment